Program Sekolah

By SMA NEGERI 1 SELUAS 05 Jul 2015, 16:32:54 WIB

PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH

TAHUN 2019/2020

  1. PERENCANAAN
  1. Penyusunan Program Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) dan pelaksanaan MOS/MABIS serta pendataan siswa kelas XI dan Kelas XII
  2. Penyusunan Rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS), Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), dan Rencana Rerja Tahunan ( RKT)
  3. Penyusunan dan Pendataan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  4. Penyusunan program pengangkatan tenaga honorer Pendidik dan kependidikan berdasarkan RKAS/RAPBS komite sekolah, sesuai kebutuhan.  
  5. Penyusunan dan Pendataan Sarana dan Prasarana sekolah
  6. Penyusunan Kalender sekolah semester ganjil dan genap berdasarkan Kalender Pendidikan Propinsi Kalimantan barat
  7.  Peningkatan Mutu  tenaga pendidik dan kependidikan SMA Negeri 1 Seluas
  8. Penyusunan program kesejahteraan tenaga pendidik dan kependidikan
  9. Penyusunan Program monitoring dan Supervisi Administrasi Pembelajaran, Supervisi Manajerial dan Supervisi Pembelajaran .
  10. Penyusunan program study banding pada sekolah lain
  11.  Penyusunan program kerja sama sekolah dengan komite dan  instansi terkait
  12. Penyusunan proposal Rehabilitasi 5 (tiga) Ruang Kelas Lama (RKL), 1(satu) Ruang Laboratorium Fisika, Pembangunan Laboratorium Kimia, Pembangunan 2 (dua) unit Mes/Perumahan Guru, Pagar Sekolah, Kantin Sehat, Rehabilitasi WC Siswa, Pengadaan Peralatan TIK Persiapan UNBK tahun 2019.
  13. Penyusunan Tim Panitia Pengembang Kurikulum
  14. Penyusunan program pengembangan kurikulum  2013
  15. Penyusunan program Bantuan Pemerintah (Bantah) Pusat APBN, APBD tahun anggaran 2018 dan 2019.
  16. Penyusunan Panitia Pelaksana Pembangunan dan Pengembang sarana dan prasarana sekolah
  17. Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Pengelolaan Administrasi, dan Keuangan Sekolah.
  1. PENGORGANISASIAN
  1. Pembagian Tugas tenaga pendidik dan kependidikan sebagai Panitia PPDB dan Pelaksanaan MOS/MPLS
  2. Pembagian tugas Jam mengajar  Tenaga Pendidik dan Kependidikan sesuai bidang dan keahlian masing-masing.
  3. Pembagian Tugas tambahan Pendidik dan Tenaga Kependidikan sebagai Wakil kepala sekolah, Kepala Tata Usaha, Pesuruh Sekolah, Petugas Kebersihan Sekolah, Kepala Perpustakaan, Kepala Laboratorium IPA,  Guru Piket, Kepala Laboratorium Komputer, Wali Kelas, Pembina Intra/Ekstrakurikuler, Pelatih Ekstrakurikuler.
  4. Pembagian Tugas tambahan guru sebagai  BP/BK dan Pembimbing Mata pelajaran Ujian Nasional.
  5. Pembagian tugas tambahan guru sebagai Tim Pengembang Pembangunan  Sarana dan Prasarana sekolah.
  6. Pembagian tugas tambahan guru sebagai Panitia pelaksana pembangunan Sarana dan Prasarana sekolah.
  7. Pembagian tugas tambahan guru sebagai Panitia Penilaian  Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT) , Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Sekolah (US)dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
  8. Pembagian Tugas tambahan Tenaga Pendidik dan Kependidikan sebagai Tim Pengembang Kurikulum sekolah.
  9. Pembagian Tugas Tambahan tenaga pendidik dan kependidikan sebagai operator Dapodikmen, PDSS, Bendahara BOS, Bendahara komite dan Bendahara gaji. Bnedahara Kepanitiaan Kegiatan .
  1. PELAKSANAAN KEGIATAN
  1. PENETAPAN  SURAT KEPUTUSAN  KEPALA SEKOLAH  
  1. Menetapkan Tenaga Pendidik dan Kependdidikan dalam surat keputusan (SK) kepala sekolah sebagai Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan Masa orientasi sekolah (MOS)/MPLS.
  2. Menetapkan  dan Menerbitkan Tata Tertib siswa,Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam surat keputusan (SK) kepala sekolah sesuai dengan Peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Menetapkan  Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS /RKAS) dalam surat keputusan kepala sekolah untuk 1 (satu) tahun , TMT Juli – Juni berdasarkan tahun pelajaran melalui  rapat pleno dengan komite sekolah.
  4. Menetapkan tenaga pendidik dan kependidikan dalam surat keputusan (SK) kepala sekolah dalam Daftar Urut Kepangkatan (DUK) dan Struktur Organisasi.
  5. Menetapkan tenaga pendidik dan kependidikan dalam surat keputusan (SK) kepala sekolah, Guru sebagai pengasuh bidang study dan Staf Tata Usaha sesuai bidang melalui rapat pleno Dewan Guru.
  6. Menetapkaan Tenaga pendidik dan kependidikan dalam surat keputusan (SK) kepala sekolah, Guru yang mendapat tugas tambahan sebagai Wakil kepala sekolah, Kepala Laboratorium IPA , Perpustakaan, Kepala Laboratorium Komputer, Kepala TU dan Staf, Wali Kelas, Pembina dan Pelatih Intra/Ekstrakurikuler, Guru Piket.
  1. Menetapkan tenaga pendidik dan kependidikan dalam surat keputusan (SK) kepala sekolah, guru yang mendapat tugas tambahan sebgai panitia, tim pengembang sarana dan prasarana fisik sekolah, tim pengembang kurikulum, Bendahara gaji, Bendahara komite, Bendahara BOS, Bendahara  Panitia Ujian, Operator Dapodik, PDSS, Pengurus  Koperasi sekolah.
  2. Menetapkan Tenaga pendidik dan Kependidikan dalam surat Penugasan  Kepala Sekolah yang ditugasi untuk mengikuti pengembangan Profesi dalam bentuk ( Diklat, IHT, PLPG, Seminar, Workshop, Prajabatan,  Kunjungan, Penelitian Tindakan Kelas dll).
  3. Menetapkan tenaga pendidik dan kependidikan dalam surat keputusan (SK) kepala sekolah, Guru dan staf yang mendapat  Tugas tambahan sebagai Panitia Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Sekolah (US), Korektor LJUSBN dan LJUS, Pengawas /Pengawas Silang Ujian Nasional.
  4. Menetapkan dan Menerbitkan Surat Keputusan Kepala sekolah tentang penerima Bantuan Siswa Miskin /PIP/KIP
  5. Menetapkan dan menerbitkan Surat Keputusan Kepala sekolah bagi siswa yang mendapatkan Prestasi dalam Kegiatan Intra/Ekkstrakurikuler
  6. Menetapkan dan menerbitkan Surat Penugasan Kepala Sekolah bagi siswa yang mengikuti Kegiatan Intra/Esktrakurikuler.
  7. Menetapkan dan menerbitkan Piagam Penghargaan Kepala Sekolah kepada Siswa yang memperoleh Prestasi Baik Intra/ekstrakurikuler
  8. Menetapkan dan menerbitkan Piagam Penghargaan Kepala sekolah bagi Tenaga Pendidik dan kependidikan yang berprestasi dan berdedikasi
  9. Menetapkan dan menerbitkan Rekomendasi Kepala sekolah bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang akan Mutasi.
  10. Menetapkan dan Menerbitkan Rekomendasi Kepala Sekolah bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang akan Cuti.
  11. Menetapkan dan menerbitkan Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang Pemberhentian Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
  12. Menetapkan dan menerbitkan Rekomendasi Kepala Sekolah bagi Siswa yang akan Mutasi masuk dan Keluar.
  13. Menetapkan dan Menerbitkan Surat Pindah bagi Siswa yang akan Pindah di sekolah lain
  14. Menetapkan Iuran Kantin sekolah dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Sekolah, bagi warga sekolah yang berjualan dilingkungan sekolah.

II.     MONITORING DAN EVALUASI

  1. KEGIATAN HARIAN
  1. Memeriksa dan menandatangani Program Kerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan Sesuai Tupoksi masing-masing.
  2. Memimpin rapat, dan mengikuti rapat pada Instansi terkait ditingkat Kecamatan, Kabupaten, Propinsi, Pusat.
  3. Memeriksa dan menandatangani Perangkat Pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP, Buku Nilai, KKM, Pemetaan SK/KD, Kisi-kisi, Kartu soal, analisis butir soal PG/esay test)  Dewan Guru
  1. Memeriksa dan menandatangani Daftar hadir tenaga pendidik dan kependidikan, Berita Acara KBM, Buku Jurnal KBM, Rekafitulasi Kehadiran siswa.
  2. Menerima, mendisposisikan dan menandatangani surat menyurat baik surat masuk maupun surat keluar.
  3. Menerima Tamu instansi terkait, setiap tamu wajib mengisi buku tamu dan ditandatangani
  4. Memeriksa Kegiatan 10 K di ruang Tatalaksana, Laboratorium, Ruang  Kelas dan lingkungan sekolah
  5. Mengadakan Monev dan Supervisi: Administrasi Pembelajaran, Supervisi Manajerial dan  Supervisi Kelas bersama Pengawas SMA/SMK  Disdikbud Propinsi Kalimantan Barat atau guru Senior.
  6. Mengatasi/mengambil Kebijakan hambatan dan kendala  dalam kegiatan  Tatalaksana dan Proses pembelajaran di Laboratorium, Ruang Kelas dan Lingkungan Sekolah.
  7. Koordinasi, konsultasi  dengan Tenaga Pendidik dan Kependidikan , komite  sekolah, serta instansi terkait
  1. KEGIATAN MINGGUAN
  1. Mengikuti upacara bendera setiap hari senin, jumat bersih dan SKJ (Senam kesegaran Jasmani)
  2. Mengikuti Apel Triwulan, Upacara  Hut RI, PGRI, Hardiknas, hari Bersejarah,l bersama Pemkab dan Uspik.
  3. Pertemuan dengan Wakil Kepala sekolah, wali kelas, Piket, Kepala Laboran, Perpustakaan dan Tata usaha.
  4. Kunjungan Keseluruh Rombongan kelas untuk memeriksa kelengkapan perangkat kelas dan monitoring kebersihan sekolah.
  5. Menindaklanjuti hasil kunjungan kelas dan koordinasi dengan Dewan guru ,  tata usaha dan pengurus kelas.
  6. Melakukan kebijakkan upaya memperbaiki  kegiatan kearah yang lebih baik
  1. KEGIATAN BULANAN
  1. Memeriksa Transaksi keuangan sekolah sesuai dengan RKAS/RAPBS, Dana Bantuan Pemerintah Pusat dan Daerah, Bos, Komite dll
  2. Menandatangani  Cek Giro/Kwitansi daftar Pembayaran  gaji/honorarium  Pegawai Negeri sipil dan Pegawai honorer
  3. Memeriksa Buku Kas Umum  (BKU), Buku Pembantu, Buku Pembantu Pajak dan menandatangani Berita acara penutupan Kas Bendahara Gaji, Bendahara Bos, Bendahara Komite, Bendahara Bantah Pusat dan Daerah.
  4. Memeriksa dan menandatangani Berita Acara  Pelaksanaan Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester (PTS) yang dilaksanakan oleh Tenaga Pendidik
  5. Memeriksa dan menandatangani Kelengkapan Administrasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan sesuai dengan Tupoksi masing-masing.
  6. Mengambil kebijakan tentang Transaksi  keuangan sekolah
  7. Memeriksa  daftar kehadiran Tenaga pendidik dan Kependidikan dalam KBM dan absen siswa untuk ditindaklanjuti.
  1. Memeriksa dan menandatangani Surat dan  Laporan bulanan kepada instansi terkait
  2. Monitoring dan Evaluasi  kelengkapan  pelaksanaan Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS).
  3. Memeriksa tata Kearsipan, administrasi kepegawaian, Kesiswaan, sarana dan prasarana, keuangan dan pelaporan kegiatan sekolah
  4. Konsultasi, Koordinasi, Klarifikasi dengan Instansi terkait
  5. Menandatangani  Berita Acara Rekafitulasi Kehadiran (Absensi) Tenaga Pendidik dan Kependidikan

 

  1. KEGIATAN SEMESTERAN
  1. Mengadakan rapat pembentukan panitia Penilaian Akhir Semester (PAS), dan Penilaian Akhir Tahun (PAT)
  2. Menerbitkan dan menandatangani  SK panitia Pelaksana Penilaian Akhir Semester(PAS),  Penilaian Akhir Tahun (PAT), USBN, US , Korektor  LJUSBN dan US, serta Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK)
  3. Memeriksa dan menandatangani kelengkapan Administrasi pelaksanan Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), USBN, US dan UN
  4. Memeriksa dan menandatangani Berita Acara Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PTS) , Penilaian Akhir Tahun (PAT)
  5. Monitoring pelaksanaan Peniaian Akhir Semester, USBN,  dan UNBK
  6. Memeriksa dan menandatangani kelengkapan administrasi laporan pelaksnaan ujian
  7. Menandatangani Leger, laporan hasil belajar siswa ( LHBS), Ijasah dan SKHUN
  8. Rapat Dewan guru dan staf pada semester ganjil, genap tentang LHBS, Kenaikan kelas dan kelulusan
  9. Rapat dengan orangtua siswa kelas XII tentang sosialisasi pelaksanaan UN
  10. Pelepasan siswa kelas XII dan sosialisasi SNMPTN
  11. Penyerahan hasil belajar siswa (PHBS), Ijasah, SKHUN, kepada orangtua siswa
  12. Memeriksa dan menandatangani Berita acara Penyerahan Ijasah dan SKHU.

Demikian program kerja kepala sekolah ini dibuat sebagai acuan dan pedoman untuk melaksanakan aktivitas di SMA Negeri 1 Seluas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku pada sistem pendidikan nasional dan Badan Standar Nasional Pendidikn (BSNP), kami menyadari sepenuhnya penyusunan program ini masih belum sempurna, oleh karenanya sangat diharapkan kepada semua pihak untuk memberikan kontribusi yang bersifat membangun demi kesempurnaan kearah yang lebih baik, atas bantuan dan kerja sama yang baik diucapkan terima kasih